Teks Berjalan

_/***...Kutahu diam adalah emas...namun tegur sapa adalah doa. Mengapa Anda tak berkomentar, Sobat?...walau sepatah, sepi tak lagi kukunyah sendiri...?...***\_

Cari Blog Ini

Rabu, 20 November 2013

PROFIL

PENYIHIR DARI RIGA


Dalam bermain catur kita mengenal ada dua gaya (style) pemain catur, yang pertama pemain yang suka bertahan atau lebih tepatnya suka bermain posisional dan yang kedua pemain yang suka menyerang. mantan juara dunia catur yang senang dengan gaya permainan menyerang adalah A.Alekhine, Mikhail Tal, B.Fischer, G.Kasparov dan V.Kramnik...dari semua itu M.Tal yang paling unik, dengan kombinasi-kombinasi caturnya.
Mikhail Tal lahir di Riga, Latvia pada tanggal 9 November 1936. Tal belajar main catur pada usia delapan tahun, pada tahun 1948 disaat M.Botvinnik menjadi juara dunia catur dan berkunjung ke kota Riga,Tal yang waktu itu berusia 11 tahun mampir ke hotel tempat M.Botvinnik menginap dengan harapan ingin bertemu dan bermain catur, tetapi niatnya tidak terkabul karena kesibukan M.Botvinnik waktu itu. Dengan kecewa dia pulang tapi ini tidak memutuskan harapannya terhadap catur, tak lama kemudian Tal bergabung dengan club catur yang ada dikotanya. Tal berlatih keras, dibawah bimbingan Alexander Koblents sebagai pelatih, Tal cepat menanjak prestasinya. Beberapa Turnamen catur kelas atas pernah dijuarainya diantaranya turnamen moscow, Bled, Hastings, Reykjavik, Amsterdam dan banyak lagi, puncaknya ketika Tal pada waktu itu berusia 23 tahun menjadi juara dunia dengan mengalahkan M.Botvinnik dalam suatu dwilomba pada tahun 1960 dan menjadikannya juara dunia termuda pada waktu itu(rekornya kemudian dipecahkan oleh G.Kasparov dalam usia 22 tahun).


 Gaya permainan Mikhail Tal sangat menarik sekali untuk kita lihat, dengan gaya menyerang dan penuh dengan kombinasi catur ala Tal, membuat lawan-lawan yang dihadapinya menjadi frustasi, kekuatan bermain Tal bukan hanya terletak pada kalkulasi langkah yang jauh kedepan tapi sering kali kita lihat langkahnya juga dibumbui oleh komplikasi yang sangat riskan, dengan style seperti itu Tal sering memenangkan partainya, tapi sering juga kalah, jarang partainya berakhir dengan draw. 
 Tal oleh banyak pemain dijuluki sebagai "Tukang sihir dari Riga", karena kombinasi caturnya sungguh aneh. Lawan bermainnya menganggap langkah-langkah Tal seperti mengandung Hipnotis (mungkin ini lebih disebabkan tekanan/pengaruh Psikologi Tal terhadap lawannya). Tal banyak menang dengan pemain yang sama gaya permainan dengannya seperti :Fischer, Larsen, Portisch tapi sering juga kalah dengan pemain yang style nya posisional seperti Korchnoi, Keres, Smyslov, Petrosian dan Spassky. Tal termasuk pemain yang aktif didunia catur sampai akhir hayatnya tanggal 28 Juni 1992.

Kurang lengkap rasanya membicarakan M. Tal tanpa melihat partai-partai catur yang dimainkannya. Anda dapat " klik disini "
........................................................................................................... ......................................................................................................**** Tampilan posting sengaja admin batasi. Jika ingin membaca selengkapnya dan berniat tinggalkan komentar, silahkan klik judul dari postingan di atas. Selanjutnya akan tampil kotak komentar di bawah postingan. Demikian Kabar dari Seberang kali ini...tunggu kabar selanjutnya! Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar: